Kenali USG Transvaginal dan Manfaatnya di Masa Kehamilan

Kenali USG Transvaginal dan Manfaatnya di Masa Kehamilan

  • July 23, 2021

USG Transvaginal adalah prosedur yang aman untuk pemeriksaan bagian organ dalam kewanitaan. Menurut penjelasan dari U.S. National Library of Medicine, jenis USG seperti ini dapat bermanfaat jika dokter kandungan perlu melihat dengan baik rahim, indung telur, saluran tuba, leher rahim, atau area panggul.

Pemeriksaan ini aman dilakukan, termasuk pada ibu hamil dan perempuan lainnya di usia subur. Dari hasil pemeriksaan ini, biasanya dokter dapat mendeteksi jika terdapat adanya kelainan pada janin maupun organ reproduksi.

USG Transvaginal menggunakan gelombang suara dengan memasukkan alat sensor (probe) ultrasound kecil ke dalam vagina. Kemungkinan besar akan menimbulkan rasa tidak nyaman, namun tidak akan sakit. Alat berukuran sekitar 5 – 8cm tersebut memancarkan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar organ secara detail.

Kapan Ibu hamil perlu melakukan USG Transvaginal?

USG Transvaginal memang diperuntukkan untuk perempuan yang tidak sedang mengandung, agar mendapatkan hasil pemeriksaan dari organ reproduksinya. Namun, USG semacam ini juga bisa dilakukan untuk ibu hamil.

Untuk Ibu hamil, biasanya dianjurkan melakukan pemeriksaan ini pada masa trimester pertama kehamilan. Pada tahap kehamilan trimester pertama, USG transvaginal dipercaya lebih akurat dibandingkan dengan USG perut yang biasa dilakukan untuk memeriksa janin.

Ada beberapa kondisi dimana Ibu hamil dianjurkan untuk melakukan USG Transvaginal untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang maksimal. Beberapa diantaranya yaitu ketika:

  • Sudah menjalani USG transabdominal dan hasilnya terlihat tidak normal
  • Mengalami kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim)
  • Pemantauan detak jantung janin
  • Pemeriksaan kondisi plasenta
  • Kehamilan yang berisiko gugur
  • Kehamilan di awal trimester

Manfaat melakukan USG Transvaginal bagi ibu hamil

Melakukan pemeriksaan rutin ketika hamil sangatlah penting untuk mengetahui kondisi kesehatan Ibu hamil serta perkembangan dan pertumbuhan janin didalam kandungan. Maka dari itu, USG sangat dianjurkan untuk memberikan hasil pemeriksaan yang maksimal.

Salah satu USG yang bisa menjadi pilihan ketika sedang memasuki masa kehamilan khususnya di trimester pertama adalah USG Transvaginal.

USG Transvaginal biasanya akan direkomendasikan oleh dokter untuk memeriksa Ibu hamil untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat mengenai kondisi di dalam kandungan. Selain itu, inilah beberapa manfaat USG Transvaginal yang dilakukan pada masa kehamilan, yaitu untuk:

  • Mendiagnosis jika terdapat kelainan fisik pada janin lebih awal, sehingga dapat dilakukan penanganan yang maksimal sejak awal. 
  • Memeriksa secara pasti mengenai kelainan yang mungkin terlihat pada plasenta. 
  • Mendiagnosis penyebab serta sumber perdarahan abnormal dan nyeri panggul serta mencari sumber perdarahan tidak normal saat hamil.
  • Mendeteksi awal kehamilan dengan lebih akurat dibandingkan pemeriksaan lain dengan hasil yang lebih maksimal. 
  • Memonitor perkembangan detak jantung janin selama kehamilan untuk mengetahui apakah detak jantung janin bekerja dengan normal.
  • Mendeteksi lebih awal bila ada risiko akan mengalami keguguran.
  • Memeriksa kemungkinan adanya risiko komplikasi kehamilan, seperti risiko yang memicu terjadinya kelahiran prematur.

Biasanya proses USG ini berlangsung selama 30-60 menit dengan hasil yang bisa didapatkan dengan cepat, yaitu hanya dalam waktu 24 jam setelah prosedur dilakukan. Gambar yang didapatkan akan dianalisis oleh ahli radiologi untuk kemudian dikirimkan ke dokter yang memeriksa.

Sejauh ini USG Transvaginal tidak memiliki risiko yang berbahaya karena prosedur ini berjalan tanpa adanya paparan radiasi, sehingga proses pemeriksaannya akan sangat aman untuk Ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Namun, memang banyak wanita yang merasa kurang nyaman melakukan prosedur ini dikarenakan alat sensor (probe) berbentuk tongkat yang dimasukkan ke dalam vagina, namun rasa tidak nyaman ini akan hilang setelah prosedur selesai dilakukan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar pemeriksaan USG transvaginal maupun jenis pemeriksaan organ reproduksi lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*