pencegahan tbc

Ubah Kebiasaan Ini jika Ingin Lakukan Pencegahan TBC

  • October 22, 2021

Melakukan langkah pencegahan TBC adalah cara terbaik agar Anda tidak perlu mengalami gejala-gejala TBC yang memakan waktu dalam penyembuhan. Melakukan langkah pencegahan TBC juga menjadi opsi terbijak agar Anda tidak perlu mengalami beragam risiko komplikasi yang mungkin timbul dari infeksi TBC, seperti meningitis, masalah hati, maupun kelainan jantung. 

Namun yang sering banyak orang tidak sadari adalah, kebiasaan-kebiasaan sehari yang kerap Anda lakukan bisa jadi meningkatkan risiko terkena infeksi TBC. Jadi jika berbicara mengenai langkah pencegahan TBC, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memangkas berbagai kebiasaan buruk yang menempatkan Anda pada situasi yang lebih rentan terinfeksi. 

Berikut ini adalah beragam kebiasaan yang selama ini mungkin Anda anggap biasa saja. Namun siapa saja, kebiasaan-kebiasaan ini meningkatkan risiko berbagai penyakit, tidak terkecuali TBC. Jadi jika ingin terhindari dari TBC, lebih baik segera ubah kebiasaan-kebiasaan ini ke arah yang lebih positif. 

Makan Tanpa Cuci Tangan 

Anda tidak tahu bukan ada bakteri dan virus apa saja yang terpapar di tangan Anda? Bisa jadi salah satunya adalah bakteri penyebab penyakit TBC, yaitu Mycobacterium tuberculosis. Dapat Anda bayangkan ketika bakteri tersebut masuk ke mulut Anda dan mulai menginfeksi tubuh Anda ketika Anda menyuap makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu? Jangan biarkan diri menyesal ketika sudah terkena gejala TBC akibat kebiasaan makan tanpa cuci tangan. Mulai sekarang, biasakan cuci tangan tiap kali hendak makan ataupun ketika mau memegang wajah. 

Malas Memakai Masker 

Penggunaan masker sangat penting untuk meminimalkan penularan virus maupun bakteri lewat cipratan air liur ataupun yang tertahan di udara. Jadi, jangan remehkan penggunaan masker dan memilih pergi tanpa pelindung wajah yang satu ini. Bukan hanya sebagai langkah pencegahan TBC, penggunaan masker juga bisa menjadi perisai untuk menangkal berbagai infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit menular lainnya. 

Menolak Sayuran 

Terbiasa makan tanpa sayur? Mulai sekarang cobalah berpikir ulang mengenai kebiasaan yang satu ini. Bagaimanapun, beragam sayur memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat penting membentuk imunitas tubuh. Menolak sayuran dalam tiap makanan Anda hanya akan membuat daya tahan tubuh tidak optimal sehingga lebih mudah terserang sakit. 

Tidak Membuka Jendela Kamar 

Bakteri penyebab TBC akan lebih mudah bertahan di udara di ruangan yang sempit apalagi memiliki ventilasi udara buruk. Anda mungkin memiliki kamar maupun rumah yang lengkap dengan pendingin udara. Namun, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk tidak membuka jendela tiap harinya. Kebiasaan ini hanya akan membuat bakteri penyebab bakteri lebih melenggang bebas di dalam rumah dan kamar Anda, kemudian mudah menginfeksi Anda. 

Kalap Makanan Manis 

Mudah kalap dengan makanan manis akan membuat kadar gula darah Anda meningkat. Risiko terkena diabetes pun menjadi ada di depan mata. Jika sudah demikian, Anda juga akan lebih rentan terkena infeksi bakteri penyebab TBC. Soalnya, orang-orang yang mengidap diabetes cenderung memiliki imunitas tubuh yang rendah sehingga gampang tertular penyakit. 

Sering Begadang 

Seberapa sering Anda begadang tiap minggu? Sebaiknya jangan jadikan aktivitas begadang atau tidak tidur malam sebagai suatu kebiasaan. Ini hanya akan membuat tubuh Anda lemah sehingga berbagai infeksi gampang menyerang. Mulailah untuk tidur di bawah larut malam minimal 6—8 jam sehari sebagai langkah pencegahan TBC maupun penyakit lain. 

Candu Rokok dan Alkohol 

Merokok akan membuat Anda mudah mengalami masalah saluran pernapasan sehingga risiko terkena TBC parah akan semakin tinggi. Mengonsumsi alkohol berlebihan juga rentan membuat daya tahan tubuh turun. Keduanya tentu tidak disarankan jika Anda ingin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Menyetop penggunaan rokok maupun membatasi asupan alkohol mesti segera Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan TBC. 

Ubah kebiasaan-kebiasaan buruk di atas sebagai langkah pencegahan TBC yang konkret. Namun jika mengalami gejala TBC, Anda juga harus segera ke dokter dan mengikuti saran penanganan medis yang ditetapkan. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*