Tips Menggunakan Smartband Terbaik Agar Berfungsi Efektif

  • November 10, 2021

Menggunakan smartband terbaik tidak hanya membantu Anda melacak kesehatan tetapi juga dapat menurunkan berat badan. Selain benar-benar membantu Anda untuk termotivasi berolahraga, berjalan-jalan, dan bekerja sebagai pelacak kebugaran, smartband juga menyimpan banyak manfaat lainnya. Namun, sebelum Anda menggunakannya, sebelumnya ada sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut, supaya smartband terbaik bisa digunakan dengan maksimal. 

1. Siapkan profil Anda

Saat Anda menyiapkan aplikasi pelacak, aplikasi ini akan menanyakan tentang tubuh dan kesehatan Anda. Smartband terbaik Anda memerlukan informasi dasar tersebut. Mulai dari usia, jenis kelamin, tinggi, dan berat. Informasi ini dibutuhkan untuk meningkatkan akurasinya dalam menentukan hal-hal seperti panjang langkah dan kalori yang terbakar.

Smartband dapat digunakan untuk membantu memantau kondisi kesehatan

Smartband terbaik akan memperkirakan kalori Anda yang terbakar dengan menggunakan tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktivitas untuk menentukan Basal Metabolic Rate (BMR) Anda. Angka ini menentukan berapa banyak kalori yang Anda bakar setiap harinya. Aplikasi di dalam smartband mengambil perkiraan BMR Anda dan menambahkan kalori apa pun yang Anda bakar saat berjalan untuk menentukan total kalori yang terbakar.

Jika Anda melewatkan langkah menambahkan info dasar secara akurat, jumlah kalori Anda bisa jadi jauh dan tidak tepat. Masukkan info ini dan pastikan untuk memperbarui berat badan Anda saat berubah.

2. Kalibrasi

Menyiapkan profil Anda adalah langkah pertama untuk informasi yang paling akurat. Anda harus menggali pengaturan smartband terbaik dan mengkalibrasi spesifikasinya. Sebagian besar smartband terbaik menawarkan beberapa derajat kalibrasi. 

3. Kenakan di pergelangan tangan non-dominan 

Ada baiknya Anda menggunakan smartband di bagian pergelangan tangan yang tidak terlalu dominan. Smartband terbaik juga harus dikenakan di pergelangan tangan Anda yang tidak dominan. Artinya adalah pergelangan tangan kiri Anda jika Anda tidak kidal, dan pergelangan tangan kanan Anda jika Anda kidal.

Alasannya, Anda banyak menggerakkan tangan dominan Anda sepanjang hari, dan ini dapat mengakibatkan jumlah “langkah” yang dilaporkan oleh pelacak kebugaran Anda tidak akurat. Sementara beberapa pelacak kebugaran, memungkinkan Anda memasukkan pergelangan tangan mana yang Anda pakai pelacak.

4. Terhubung dengan aplikasi lain

Smartband terbaik memiliki aplikasinya sendiri, tetapi itu mungkin bukan satu-satunya aplikasi yang dapat disinkronkan. Jika Anda mencoba mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik, ada banyak aplikasi dan layanan yang berhubungan dengan kesehatan — termasuk MyFitnessPal untuk pelacakan makanan dan penghitungan kalori, MapMyRun untuk memetakan dan melacak latihan Anda, dan MedHelp untuk melacak tidur dan kesehatan lainnya. Kondisi yang mungkin dapat memanfaatkan data smartband Anda.

5. Harus tetap rutin bergerak

Anda sudah tahu bahwa memakai smartband 24/7 tidak akan secara ajaib membantu Anda menjadi bugar atau menurunkan berat badan. Bahkan jika Anda telah mempersonalisasi pelacak Anda dan mengkalibrasinya dengan spesifikasi fisik, termasuk data yang dapatkan, terutama dalam pengeluaran energi (kalori yang terbakar). Meski smartband terbaik namun alat ini belum tentu super akurat, menurut sebuah studi yang ditugaskan oleh American Council on Exercise .
Smartband terbaik Anda pasti bisa menjadi alat yang berguna dalam perjalanan kebugaran, tetapi hanya itu satu alat dari banyak alat. Jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mengenakan smartband terbaik kebugaran dapat mencapai tujuan bawaannya dengan cepat dan praktis serta mampu menggantikan olahraga maupun makan dengan baik.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*