Selain Scabimite, ini Cara Efektif Atasi Kudis

  • November 16, 2021

Ruam kudis adalah sebuah kondisi kulit yang disebabkan karena tungau kecil yang bernama Sarcoptes scabiei. Tungau ini akan mengubur diri di bawah kulit, menyebabkan sensasi gatal dan terasa tidak nyaman. Tungau kudis dapat menyebabkan ruam, kemerahan, dan lepuhan pada kulit. Kudis tidak akan sembuh tanpa perawatan seperti Scabimite, dan kondisi ini sangat menular. Tungau kudis akan mengeluarkan telur dan telur akan menetas setelah beberapa hari, untuk kemudian keluar ke permukaan kulit dan menyebabkan siklus yang berulang. 

Selain penggunaan obat seperti Scabimite, ada pula perawatan tradisional kudis. Sayangnya, kebanyakan dari jenis perawatan tradisional tersebut dapat menyebabkan efek samping yang serius. Bahkan beberapa orang tidak memberikan respon apapun terhadap perawatan jenis ini. Oleh karena itulah, Anda harus memilih jenis perawatan kudis yang alami yang dengan efektif dapat mengatasi infestasi mengganggu tersebut. 

  • Minyak pohon teh. Salah satu perawatan alami selain Scabimite yang efektif mengatasi kudis adalah minyak pohon teh. Minyak ini sangat efektif karena mampu mengatasi rasa gatal dan dapat menyembuhkan ruam pada kulit. Sayangnya, minyak ini tidak efektif untuk mengatasi telur yang terpendam jauh di dalam kulit. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air dan menyemprotkannya ke tempat tidur atau pakaian. Sebuah tinjauan studi tahun 2016 menyatakan bahwa minyak pohon teh merupakan pilihan perawatan kudis yang menjanjikan, terutama pada kasus-kasus yang tidak membaik terhadap perawatan biasa. Minyak pohon teh juga menunjukkan efektif digunakan untuk merawat kudis dalam uji laboratorium dan pada manusia, meskipun uji terkontrol random masih diperlukan. Sangat mungkin bagi seseorang untuk menderita alergi terhadap minyak pohon teh. Jika Anda menderita reaksi alergi, hentikan penggunaan. 
  • Neem. Krim, sabun, dan minyak neem dapat menjadi perawatan alternatif bermanfaat untuk mengatasi kudis. Neem mengandung sifat analgesic, antibakteri, dan juga anti peradangan. Senyawa aktif neem telah menunjukkan mampu membunuh kudis dalam tes laboratorium. Studi tahun 2008 ini menemukan bahwa menggunakan sampo ekstrak biji neem dapat sukses menyembuhkan anjing yang diserang kudis. Kebanyakan anjing yang mendapatkan perawatan menunjukkan kemajuan yang signifikan hanya dalam waktu tujuh hari. Setelah 14 hari penggunaan, 8 dari 10 anjing sembuh total, dan sisanya hanya memiliki sedikit tungau. Studi lanjutan pada manusia dibutuhkan. 
  • Lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki efek menyembuhkan dan menenangkan ketik digunakan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Lidah buaya juga dapat meringankan gejala kudis dan membunuh tungau kudis. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa gel lidah buaya sama suksesnya dengan benzyl benzoate (perawatan resep yang biasa digunakan) dalam merawat kudis. Selain itu, tidak ada efek samping yang terlihat dalam penggunaan lidah buaya. Akan tetapi, ini hanyalah studi kecil yang melibatkan 16 orang dan penggunaan lidah buaya. Oleh karena itu, ukuran sampel yang lebih besar dibutuhkan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan lidah buaya sebagai alternatif perawatan kudis, pastikan Anda memilih lidah buaya murni yang tidak mengandung zat tambahan apapun. 

Kudis tidak akan sembuh hanya dalam waktu satu malam saja. Anda akan merasa gatal dan tidak nyaman selama beberapa waktu. Perawatan yang biasa digunakan untuk melawan kudis adalah Scabimite. Anda juga bisa mempraktikkan beberapa cara alternatif tersebut di atas. Selain itu, Anda harus memiliki kebiasaan yang sehat dalam masa perawatan agar Anda dapat pulih dengan lebih cepat. Berolahraga dan makan makanan yang bergizi, karena keduanya merupakan dua faktor penting dalam pemulihan kudis.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*