Prosedur dan Panel Check Up di Prodia Duri Riau

  • November 1, 2021

Memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan boleh dilakukan dalam keadaan sehat maupun sakit. Itu merupakan bentuk tindakan preventif untuk mengetahui kesehatan diri dan keluarga Anda. Pemeriksaan kesehatan justru dianjurkan dilakukan dalam periode waktu tertentu. Anda dapat memeriksakan diri di laboratorium Prodia Duri

Prodia Duri berlokasi di Mandau, Riau dan menyediakan berbagai fasilitas pemeriksaan laboratorium seperti pap smear, fungsi ginjal, ekokardiografi, skrining hepatitis, dan pemeriksaan lainnya. 

Prosedur Awal Medical Check Up

Sebagian besar masyarakat menjalani medical check up untuk memenuhi kebutuhan administrasi melamar pekerjaan atau keterangan tertulis yang menyatakan diri dalam keadaan sehat. Mesk begitu, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin dapat membantu untuk mengetahui risiko penyakit yang kemungkinan besar Anda derita. Tindakan preventif medical check up juga baik untuk berkonsultasi terkait gejala-gejala tertentu yang sering Anda alami. Setelah mengetahui kapan Anda harus periksa kesehatan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. 

Misalnya, mengetahui dengan pasti riwayat penyakit yang pernah diderita. Petugas kesehatan akan bertanya seputar keluhan yang dialami dan mengajukan pertanyaan lainnya seputar pola makan, intensitas olahraga, dan gaya hidup. Anda juga dianjurkan untuk pemeriksaan tanda vital, seperti: tekanan darah, suhu tubuh, pernapasan, hingga denyut jantung. Selanjutnya, pemeriksaan penunjang dilakukan, biasanya berupa pengecekan urin atau sel darah), USG, rontgen, pemeriksaan jantung, dan pap smear (bagi wanita). Pemeriksaan tersebut dapat Anda lakukan saat mengunjungi Prodia Duri Riau. 

Prosedur Sebelum Pemeriksaan

Prosedur kesehatan di bawah ini dianjurkan bagi Anda yang hendak memeriksakan diri di Laboratorium Prodia Duri. Hal tersebut dilakukan supaya pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan mengutamakan keselamatan pasien. 

  1. Berpuasa 

Berpuasa memang dianjurkan sebelum melakukan medical check up, terutama saat pengambilan darah. Anjuran berpuasa berkaitan dengan makanan terakhir yang dikonsumsi. Apabila makanan yang dikonsumsi mengandung gizi dan diserap oleh aliran darah, makanan tersebut berdampak pada tingkat lemak, glukosa, darah, dan besi. Namun, durasi berpuasa tidak dianjurkan lebih dari 10 jam. 

  1. Hindari Rokok

Selain berpuasa, Anda juga dihimbau untuk tidak merokok, konsumsi kopi, alkohol, dan  obat-obatan yang sifatnya adiktif. Hindari hal tersebut sebelum melakukan medical check up. 

  1. Mengurangi Aktivitas Berat

Aktivitas yang terlalu berat dapat menyebabkan kelelahan dan menguras banyak tenaga. Itulah sebabnya pengambilan darah dilakukan sekitar pukul 07.00-09.00 saat pagi hari. Sebelum itu, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup dan hindari begadang. 

Fasilitas Panel Check Up di Prodia Duri 

Selain prosedur di atas, ada dua fasilitas panel check up yang disediakan Laboratorium Prodia Duri. Pertama adalah panel check up dan kedua adalah panel check up plus. 

  1. Panel Check Up

Panel pertama meliputi pemeriksaan urin rutin, hematologi rutin, GOT, faeces rutin, bilirubin direk, bilirubin total, GPT, TSHs, cholesterol total, cholesterol HDL, cholesterol LDL -direk, trigliserida,  fosfatase alkali, Gamma GT, protein elektroforesis, glukosa puasa, Urea N, kreatinin, Apo B,  HBsAg, Anti-HCV,  dan asam urat. Pemeriksaan bermanfaat untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi dan kelainan darah, saluran pencernaan, kondisi ginjal, potensi terjadinya diabetes maupun kolesterol, dan risiko penyakit lainnya. 

  1. Panel Check Up Plus

Panel check up plus menawarkan manfaat lebih dengan adanya pemeriksaan Cystatin C, mendeteksi gangguan ginjal sejak dini, PSA untuk deteksi kanker leher rahim (bagi wanita), AFP, pemeriksaan adiponektin, hsCRP untuk mendeteksi penyakit kardiovaskular, dan pemeriksaan lainnya. Panel check up plus meliputi HDL, cholesterol LDL-direk, trigliserida, Apo B, sdLDL, hsCRP, AFP, PSA (khusus laki-laki), SSBC (khusus perempuan), bilirubin total, bilirubin direk, GOT, GPT, fosfatase alkali, Gamma GT,  hematologi rutin, urine rutin, faeces rutin, Kreatinin, Cystatin C, HBsAg, Anti-HCV, asam urat, TSHs, cholesterol total, cholesterol HDL, dan adiponektin. 
Itulah prosedur dan panel check up yang ada di Laboratorium Prodia. Apabila Anda berminat untuk memeriksakan kesehatan, segera kunjungi Prodia Duri Riau yang beralamatkan di jalan Hangtuah No. 18 Z, Kab. Bengkalis, Riau, dengan jam operasional setiap Senin-Jumat pukul 07.00 – 19.00.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*