Minyak Angin dan Tips Meredakan Mual 

  • August 6, 2021

Mual bisa disebabkan banyak hal. Ibu hamil khususnya pada trimester awal sering mengalami mual bahkan sampai muntah. Orang-orang yang mabuk perjalanan juga cenderung lebih mudah merasakan mual. Mual juga dapat Anda rasakan ketika menderita suatu masalah kesehatan, seperti pilek, flu, ataupun penyakit lain. 

Banyak cara untuk meredakan mual yang Anda rasakan. Anda bisa mengambil minyak angin di kamar untuk dihirup ataupun dibalurkan ke bagian dada untuk mengurangi rasa mual. Selain untuk meredakan mual, penggunaan minyak angina juga bisa membantu mengobati penyakit yang menjadi penyebab mual tersebut, seperti masuk angin, pilek, ataupun flu. 

Berikut ini adalah berbagai cara untuk meredakan mual di berbagai kondisi. Mual hilang, Anda pun bisa beraktivitas dengan lebih leluasa dan nyaman. 

Perbanyak Minum 

Sering kali mual menjadi tanda awal dari risiko dehidrasi yang mungkin Anda alami. Ketika mulai mual, cobalah untuk mengonsumsi air putih secepat mungkin. Dalam satu hari yang sama, cobalah untuk memperbanyak minum untuk mengurangi kerentanan dehidrasi. Mual pun bisa lekas mereda dengan sendirinya. 

Lakukan Pernapasan Dalam 

Ketika merasa mual, Anda mungkin panik dan segera mempercepat napas Anda. Jangan lakukan hal tersebut karena akan membuat mual Anda bertambah parah. Lebih baik Anda mengontrol pernapasan dengan melakukan pernapasan dalam. Ambil napas pelan-pelan dan hembuskan pula secara perlahan. Pengontrolan napas secara mendalam ini akan membuat Anda lebih tenang sehingga gejala mual bisa cepat berkurang. 

Cium Aroma Minyak Angin 

Jika Anda punya minyak angin di rumah, tidak sulit untuk meredakan mual. Anda bisa mencium aroma minyak angin untuk membuat nafas lebih plong dan mual cepat menghilang. Penyakit lain yang membuat munculnya mual, seperti pilek dan perut kembung, juga bisa diatasi dengan mencium aroma minyak angin yang umumnya mengandung minyak eucalyptus. Selain bisa dihirup, Anda bisa menggunakan minyak angin untuk dibalurkan di bagian dada dan perut untuk mengurangi gejala mual. 

Konsumsi Irisan Lemon 

Bau lemon atau jeruk nyatanya juga efektif meredakan mual. Anda bisa juga mengonsumsi irisan lemon untuk menghilangkan mual dengan lebih cepat. Cara mengatasi mual yang satu ini terbukti efektif membuat ibu hamil merasa lebih nyaman. Jika memang irisan lemon terlalu asam, Anda bisa mencampurkan irisan lemon tersebut dengan air putih sehingga menjadi infuse water. Jelas, ini lebih sehat bagi tubuh Anda.

Hirup Aromaterapi Peppermint 

Cobalah membeli minyak aromaterapi dengan bau peppermint. Pasang di humidifier dan Anda bisa segera merasakan efeknya dalam meredakan gejala mual. Dalam sebuah penelitian, minyak aromaterapi peppermint efektif mengurangi perasaan mual sampai 57 persen. 

Cobalah Duduk Tegak 

Mengubah posisi tubuh Anda juga dapat berpengaruh pada kondisi perut dan pernapasan. Biasanya, orang-orang yang merasa mual cenderung terpicu dari posisi duduk yang tidak tegak. Sebagai langkah pengobatan, Anda cukup melakukan hal yang sebaliknya. Duduklah dengan tegak dan rasa mual bisa lebih dikendalikan dan lekas hilang. 

Konsumsi Minuman Elektrolit

Selain air putih, mengonsumsi minuman cairan asin juga dapat mengurangi gejala mual yang Anda rasakan. Cairan asin atau elektrolit ini bisa Anda buat sendiri. Namun jika malas ribet, Anda pun bisa mengonsumsi minuman elektrolit yang biasa terdapat di minuman-minuman olahraga. Minumlah satu botol saja dalam sehari dan Anda bisa segera merasakan efeknya untuk mengurangi gejala mual. 

*** 

Jangan ragu memakai minyak angin ataupun cara lain meredakan mual. Jika mual terus berlanjut dan diikuti dengan muntah-muntah, tidak perlu ragu pula untuk segera ke dokter.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*