masker wajah

Masker Wajah Kunyit, Apa Manfaatnya?

  • November 11, 2021

Curcum longa, nama latin dari kunyit, adalah sebuah tanaman yang berasal dari Asia. Meskipun sering digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen karena nilai kesehatan yang dikandungnya. Bahkan kunyit juga digunakan baik sebagai alternatif alami dan konvensional produk perawatan kulit. Faktanya, masker wajah kunyit sedang mendapatkan perhatian saat ini untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit dengan kelebihan tidak mengandung zat kimia yang berpotensi menyebabkan bahaya. 

Kunyit memiliki banyak manfaat dan berpotensi untuk mengurangi pembengkakan (peradangan) dan iritasi. Peradangan serta iritasi dapat memperburuk kondisi kulit. Hal ini menyebabkan penggunaan kunyit sebagai masker wajah dapat membantu. 

  • Mengurangi peradangan. Curcuminoids, senyawa aktif yang ada di dalam kunyit, terkadang digunakan untuk mengurangi peradangan pada kasus arthritis. Efek anti peradangan potensial ini dapat membantu kulit Anda. Oleh karenanya, penggunaan kunyit sebagai masker wajah dapat bermanfaat dalam peradangan yang disebabkan karena penyakit kulit, seperti psoriasis. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut seputar hal ini masih diperlukan. 
  • Potensi antibakteri. Kunyit juga mampu merawat serta mencegah bakteri di kulit yang dapat berkontribusi terhadap kista jerawat dan infeksi staph. Namun, infeksi aktif apapun harus diperiksa dokter terlebih dahulu. Sehingga komplikasi kesehatan yang tidak diinginkan tidak terjadi. 
  • Perawatan jerawat. Dengan potensi anti peradangan yang dimilikinya, masker wajah kunyit dapat bermanfaat dalam merawat jerawat peradangan, seperti pustula, kista, dan papula. Ekstrak kunyit juga dapat mengurangi tampilan bekas jerawat. 
  • Kekuatan antioksidan. Kunyit kaya kandungan antioksidan. Ketika kita membicarakan seputar perawatan kulit, antioksidan dapat membantu menjaga radikal bebas agar tidak merusak sel-sel tubuh yang sehat. Hal ini dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi dan kondisi kulit jangka panjang lainnya. Bahkan ada kemungkinan kunyit dan gaya hidup yang sehat dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kanker kulit. Namun, studi lanjutan masih perlu dilakukan untuk mengonfirmasi klaim ini. 
  • Mengurangi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi telah menjadi satu fous studi kunyit dalam penggunaan topikal. Jika Anda memiliki bercak kulit yang berwarna lebih gelap dibandingkan dengan jaringan normal di sekitarnya, ini adalah tanda hiperpigmentasi. Sebuah studi menemukan bahwa krim berbahan kunyit mengurangi hiperpigmentasi sebesar 14 persen dalam waktu hanya 14 minggu. 
  • Iritasi kulit. Ketika digunakan secara topikal, kunyit dapat mengurangi iritasi kulit. Beberapa studi  telah mendukung curcuminoid sebagai pereda iritasi untuk perawatan kanker payudara. 
  • Perawatan keriput. Studi telah mendukung bahwa kunyit berpotensi sebagai perawatan garis halus dan keriput. Kunyit dapat bekerja dalam meningkatkan tampilan keseluruhan tekstur kulit, yang mana akan membuat keriput menjadi lebih tidak terlihat. 

Setelah tahu manfaat masker wajah kunyit, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apa risiko dari penggunaan kunyit ini? Kunyit dianggap sebagai produk yang aman ketika digunakan secara topikal atau oral. Suplemen oral berpotensi menyebabkan efek samping gastrointestinal yang dapat menyebabkan sakit lambung atau kram perut. Tidak ada efek samping yang diketahui ketika kunyit digunakan sebagai masker wajah. Meskipun demikian, akan lebih baik apabila Anda melakukan patch test terlebih dahulu. Bahkan produk yang terbuat dari tanaman tetap dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. 

Untuk melakukan patch test sebelum menggunakan kunyit sebagai masker wajah, Anda perlu mengoleskan sedikit kunyit pada bagian tangan. Tunggulah sekitar satu hari, dan apabila tidak ada reaksi apapun pada daerah yang dioleskan kunyit, kemungkinan besar kunyit aman untuk Anda. Jangan gunakan kunyit sebagai masker wajah apabila kemerahan, pembengkakan, dan gatal-gatal terjadi pada daerah yang mendapatkan patch test.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*