Manfaat Fundamin E untuk Ibu Hamil

  • August 12, 2021

Vitamin E merupakan salah satu nutrisi penting yang terlibat dalam banyak aspek kesehatan wanita, mulai dari mengatur menstruasi dan ovulasi, kesehatan kulit, dan sel darah merah. Ketika hamil, vitamin E juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. 

Vitamin E banyak terkandung dalam sumber makanan, seperti jagung, bayam, kacang-kacangan, dan sumber lainnya. Tapi terkadang ibu hamil mengalami mual dan tak berselera makan, terutama di awal kehamilan. Akhirnya, kecukupan nutrisi pun tak tercukupi. 

Agar kebutuhan nutrisi ibu hamil tercukupi dan terhindar dari komplikasi kehamilan, tak jarang dokter merekomendasikan Fundamin E

Apa Itu Fundamin E?

Fundamin E merupakan tablet suplemen yang mengandung vitamin E, vitamin B6, dan vitamin B12. Suplemen ini dikhususkan untuk meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan sistem saraf dan saluran pencernaan. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sedangkan vitamin B1, B6, dan B12 untuk menjaga fungsi saraf dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel.

Fundamin E bisa diminum oleh anak-anak maupun orang dewasa. Suplemen ini juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, namun harus sesuai dengan anjuran dokter. 

Khasiat dan Kegunaan Fundamin E Bagi Ibu Hamil

  1. Mengurangi mual dan muntah

Mual dan muntah selama kehamilan adalah kondisi yang dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Ibu hamil bisa mengalami mual di pagi hari, yang disebut dengan morning sickness. Makanan atau aroma tertentu juga bisa memicu mual pada mereka. 

Kandungan vitamin B6 dalam Fundamin E terbukti efektif mengatasi morning sickness dengan meringankan rasa mual. 

  1. Meningkatkan nafsu makan

Karena perasaan tidak nyaman yang dirasakan, ibu hamil sering tidak bersemangat makan. Terkadang, ibu hamil menjadi seorang yang sangat pemilih makanan sehingga tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Kombinasi vitamin E dan vitamin B yang terkandung dalam Fundamin E dapat meningkatkan nafsu makan ibu sekaligus meningkatkan kadar vitamin B dan vitamin E harian yang dibutuhkan. 

  1. Mendukung perkembangan janin sehat

Vitamin E dan vitamin B kompleks terlibat dalam proses tumbuh kembang janin. Misalnya, vitamin E, vitamin B1, dan vitamin B12 berfungsi dalam perkembangan saraf dan otak si kecil. Sedangkan vitamin B6 terlibat dalam pembentukan sel darah merah dan sistem imun.  

  1. Mencegah komplikasi kehamilan

Ibu yang kekurangan nutrisi selama kehamilannya berisiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan. Fundamin E mengandung kombinasi vitamin yang mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia dan spina bifida.

  1. Mencegah keguguran dan persalinan prematur

Wanita hamil memiliki proses metabolisme yang lebih cepat dan peningkatan produksi radikal bebas. Penumpukan radikal bebas menyebabkan penuaan plasenta, merusak sel janin, dan meningkatkan risiko infeksi. Pada akhirnya hal itu bisa berujung pada keguguran.

Vitamin E memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas dan stres oksidatif. Karena itu vitamin E sangat penting untuk mencegah keguguran dan persalinan prematur.   

Selain kelima manfaat tersebut, mengonsumsi Fundamin E juga dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan fisik dan mental (neurasthenia) yang dirasakan oleh ibu hamil. 

Catatan

Suplementasi vitamin kerap disarankan oleh dokter, tapi jangan sampai mengonsumsi Fundamin E melebihi dosis yang dianjurkan. Selain itu, jangan hanya mengandalkan asupan vitamin dari suplemen. Mengonsumsi suplemen vitamin melebihi dosis dapat menyebabkan efek toksik pada tubuh.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*