Lakukan Hal Ini untuk Tetap Jaga Kesehatan Telinga

  • October 22, 2021

Telinga merupakan salah satu organ penting yang memiliki fungsi untuk menyaring serta mendengar suara. Penting untuk terus menjaga kesehatan telinga agar telinga tetap berfungsi semestinya dan terhindari dari berbagai masalah mulai dari infeksi hingga gangguan pendengaran. Sayangnya, masih banyak yang kurang pemahaman mengenai cara menjaga kesehatan telinga.. Lalu apa saja hal yang harus dilakukan untuk tetap jaga kesehatan telinga sehingga telinga dapat berfungsi dengan baik?  Simak penjelasannya disini:

  1. Gunakan penyumbat telinga

Untuk menyumbat telinga dari suara yang terlalu keras, Anda bisa menggunakan earplug. Dibutuhkan waktu setidaknya 16 jam untuk memulihkan telinga dari suara yang terlalu bising dan mengganggu telinga. Namun perhatikan juga waktu penyumbatan. Istirahatkan telinga 5 menit setelah beberapa jam penyumbatan, kemudian kenakan kembali. 

  1. Jangan memutar musik terlalu keras

Coba perhatikan volume musik yang Anda kerap dengar. Jika saat memutarnya orang disebelah Anda dapat mendengarnya secara samar-samar, musik yang Anda putar dapat dikatakan terlampau keras. Musik keras yang didengar secara terus menerus ini mampu merusak struktur halus di telinga dan mampu menimbulkan resiko buruk kerusakan hingga tuli pada telinga. Volume sebesar 60% dinilai volume yang cukup untuk tetap mendengar musik tanpa membahayakan telinga.

  1. Bersihkan dengan benar

Mungkin banyak dari kita yang membersihkan telinga menggunakan cotton bud dengan mencoloknya ke dalam telinga dengan tujuan mengangkat kotorannya. Nyatanya hal ini membuat kotoran masuk lebih dalam ke telinga. Telinga sebenarnya memiliki cara sendiri untuk membersihkan area didalamnya. Jika ingin membersihkannya, Anda hanya perlu menggunakan tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat  yang dijual bebas. Namun jika Anda memiliki telinga yang sensitif, Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu penggunaan tetes telinga pada dokter sebelum penggunaannya.

  1. Kendalikan stress

Stres yang tinggi nyatanya mampu memberi tekanan pada saraf serta aliran darah. Hal ini mampu memicu tinnitus (telinga berdenging) terjadi. Untuk itu, coba kendalikan stres dengan berbagai hal seperti melakukan aktivitas yang disenangi, seperti olahraga, hingga meditasi.

  1. Jaga telinga tetap kering

Telinga yang lembab akibat tidak dikeringkan dengan baik tiap kali habis mandi atau aktifitas olahraga mampu memicu penumpukan bakteri pada telinga. Gunakan handuk kering atau kain yang punya daya serap baik untuk mengeringkan telinga hingga benar-benar kering tiap kali telinga lembab. Pastikan mengeringkannya dengan pelan dan perlahan untuk menghindari gejala iritasi pada telinga. 

  1. Rutin bergerak

Melakukan aktifitas fisik seperti rutin berjalan kaki, berlari, atau bersepeda dinilai dapat meningkatkan sirkulasi darah pada telinga. Pastikan tubuh Anda tetap bergerak setiap harinya agar telinga tetap dalam keadaan sehat. 

  1. Periksakan secara berkala pada dokter

Hal yang tidak boleh lalai dilakukan untuk tetap mendukung kesehatan telinga adalah memeriksakan telinga secara berkala pada dokter, yaitu dokter spesialis THT. Pemeriksaan secara berkala ini mampu memperlihatkan kondisi kesehatan telinga secara keseluruhan. Tindakan medis juga dapat segera dilakukan jika terdapat kondisi yang kurang baik pada telinga. 

RS PHC Surabaya

Untuk memeriksakan kesehatan telinga, Anda dan keluarga bisa mengunjungi RS PHC Surabaya. Rumah sakit yang memiliki teknologi bermutu tinggi ini menyediakan berbagai layanan kesehatan pemeriksaan THT yang terdiri dari Cochlear implant (Penanganan tuli sejak lahir), Miringoplasti (Tandu gendang telinga), hingga Fess (penanganan sinusitis dengan endoskopi). Tak hanya itu, terdapat pula Layanan kesehatan mata, Bedah saraf, Jantung dan pembuluh darah, Bedah plastik estetika dan Rekonstruksi, hingga Bedah Orthopedi. Untuk melakukan reservasi Anda bisa langsung menghubungi RS PHC Surabaya di nomor (031) 3294801 atau mendatangi langsung di Jl.  Prapat Kurung Selatan no.1 Tanjung Perak, Kota Surabaya. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*