Ketahui Bagaimana Terjadinya Masa Nifas 

  • November 5, 2021
Masa nifas adalah fase pascapersalinan yang berlangsung hingga 6 minggu

Masa nifas dimulai setelah bayi lahir, dan menandai akhir kehamilan. Masa ini adalah masa sekitar 6 minggu, saat kita memberikan perhatian khusus pada perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Perubahan ini terutama mencakup kembalinya organ ibu ke ukuran dan fungsi sebelum hamil, perubahan endokrin saat plasenta hilang, dan permulaan laktasi. Pemikiran harus diberikan pada awal nifas tentang kontrasepsi, dan kapan harus melanjutkan hubungan seksual. Tradisi budaya atau agama lokal dapat mempengaruhi bagaimana ibu baru diharapkan berperilaku dalam periode ini, tetapi tidak mengganggu jalannya peristiwa fisiologis yang sedang kita pertimbangkan.

Ada risiko tertentu yang terkait dengan nifas ini, terutama infeksi, perdarahan, dan psikosis, yang menunjukkan perlunya perawatan kesehatan, pendidikan, dan bantuan lanjutan, bahkan ketika kehamilan telah berakhir dengan kelahiran bayi yang sehat. Tujuan kami adalah untuk memberikan gambaran tentang perubahan fisiologis nifas, dan menyoroti pemahaman baru. Kami pertama-tama membahas perubahan pada saluran reproduksi dan organ lain, dan kemudian sistem kardiovaskular dan endokrin. Kesejahteraan fisik dan mental ibu kemudian dibahas di bawah komplikasi nifas, sebelum diakhiri dengan bagian laktasi.

Nifas, juga dikenal sebagai nifas dan “trimester keempat”, mengacu pada waktu setelah melahirkan ketika perubahan fisiologis ibu yang berhubungan dengan kehamilan kembali ke keadaan tidak hamil. Selain perubahan fisiologis dan masalah medis yang mungkin timbul selama periode ini, penyedia layanan kesehatan harus menyadari kebutuhan psikologis ibu postpartum dan peka terhadap perbedaan budaya yang mengelilingi persalinan, yang mungkin melibatkan makan makanan tertentu dan membatasi aktivitas tertentu.

Tubuh selama nifas bagaimana perubahannya?

  • Rahim menyusut

Penyusutan rahim, yaitu kembalinya ke ukuran dan berat normal, disertai dengan kontraksi. Kontraksi nifas mungkin sangat menyakitkan, mereka meningkat saat Anda menyusui dan ketika tubuh Anda memproduksi lebih banyak oksitosin.

Anda dapat mencoba mengurangi rasa sakit dengan menggunakan teknik pernapasan yang telah Anda pelajari di kelas antenatal. Mengosongkan kandung kemih Anda juga penting untuk membuat kontraksi tidak terlalu menyakitkan, oleh karena itu disarankan untuk minum banyak cairan dan tidak menunda buang air kecil di nifas.

  • Nyeri perineum

Setelah melahirkan secara alami, bahkan jika Anda menghindari sayatan dan jahitan, perineum bengkak dan nyeri. Anda perlu merawat jahitan dan area intim Anda dengan benar, karena tubuh lemah setelah persalinan dan lebih rentan terhadap infeksi. Untuk mengurangi rasa sakit dan membuat tempat duduk lebih mudah, Anda dapat menggunakan bantal donat khusus dengan lubang tengah atau cincin renang tiup.

  • Keputihan pascapersalinan

Ini adalah konsekuensi fisiologis alami dari persalinan. Muncul karena rahim yang menyusut, baik setelah melahirkan secara alami maupun dengan operasi caesar. Awalnya mirip dengan haid yang banyak, kemudian berubah menjadi kecoklatan, dan akhirnya menjadi tidak berwarna. Keputihan pascapersalinan dapat bertahan selama 4-6 minggu setelah melahirkan.

  • Laktasi setelah persalinan

Menyusui mungkin sedikit tertunda setelah operasi caesar, tetapi itu masih terjadi! Tubuh dan payudara telah mempersiapkan diri untuk menyusui bayi jauh lebih awal.

  • Nyeri pasca operasi

Hari-hari pertama setelah operasi caesar ditandai dengan masalah akibat prosedur bedah yang membutuhkan pembukaan dinding perut. Seorang wanita merasakan nyeri di sekitar luka operasi, bertambah dengan setiap gerakan dan setiap penggunaan otot perut. Selama beberapa jam pertama setelah operasi, seorang wanita harus berbaring datar, tanpa mengangkat kepalanya. Dia mungkin mengalami kelemahan umum, sakit kepala, komplikasi anestesi.

  • Ambeien di akhir kehamilan

Mereka sering menjadi masalah di akhir kehamilan, dan jika tidak, mereka mungkin muncul setelah melahirkan sebagai akibat dari mengejan. Pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dapat dikurangi dengan menggunakan krim dan salep khusus, dan setelah perineum sembuh, mandi pinggul dengan kulit kayu ek dapat digunakan.

  • Kesulitan buang air kecil dan/atau buang air besar selama masa nifas

Sembelit, nyeri dan kesulitan buang air kecil sayangnya cukup umum terjadi pada hari-hari pertama pascapersalinan. Untuk menghindari konstipasi, cobalah makan produk kaya serat, aktiflah dan, pertama dan terpenting, berdiri kembali sesegera mungkin. Setelah persalinan alami, otot-otot tegang dan laserasi pada organ genital mungkin muncul. Buang air kecil pertama dapat difasilitasi oleh suara air keran yang mengalir atau pancuran.

Kelelahan selama nifas

Pada hari-hari pertama setelah melahirkan, tubuh wanita memproduksi lebih banyak adrenalin, dan ini membantunya merawat bayi yang baru lahir, bangun di malam hari, dan mengganti popok. Namun, ini segera berakhir, dan tubuh dicengkeram oleh kelelahan. Ini sangat beralasan, mengingat apa yang telah Anda lalui dan apa yang harus Anda hadapi setiap hari. Karena itu, inilah saatnya untuk mengubah prioritas Anda, berbagi tugas rumah Anda, dan menggunakan setiap saat bayi sedang tidur atau dalam perawatan orang lain, untuk beristirahat atau tidur.

Kebersihan pasca melahirkan

Tidak perlu dikatakan betapa pentingnya, ini hanya untuk mengingatkan Anda apa yang harus dilakukan:

  • biasakan untuk selalu cuci tangan sebelum atau seseudah ganti pembalut
  • selalu mencuci bagian pribadi Anda setelah buang air kecil atau buang air besar;
  • gunakan sabun lembut atau sabun bayi atau gel kebersihan intim yang Anda gunakan sebelum kehamilan;
  • keringkan perineum setelah dicuci dengan handuk sekali pakai;
  • memaparkan perineum ke udara – ini memfasilitasi penyembuhan;

Luka dan jahitan setelah melahirkan

Agar proses penyembuhan berjalan lancar, luka dan jahitan (perineum dan operasi caesar) harus dijaga tetap bersih dan kering. Anda kadang-kadang dapat menggunakan agen antiseptik untuk mendesinfeksi mereka. Kenakan pakaian dalam yang menyerap keringat yang tidak mengiritasi area sensitif ini. Saat memilih celana bersalin, pastikan celana tersebut terbuat dari bahan yang tepat dan karet gelang tidak bergesekan dengan luka. Pilihan terbaik adalah celana bersalin yang bernapas, tipis dan bisa dicuci.

Kemungkinan kejutan selama masa nifas

Kejutan terbesar biasanya bentrokan kenyataan dengan harapan Anda. Ketika Anda hamil dan kemudian di rumah sakit, Anda bermimpi tentang saat Anda kembali ke rumah dengan bayi Anda, melihatnya bersama pasangan Anda, bahagia selamanya dan merasa diliputi cinta satu sama lain. Bahkan, Anda lelah, Anda tidak punya waktu, bayi menangis dan Anda tidak tahu apa yang diinginkannya. Hubungan dengan pasangan Anda telah berubah secara dramatis, Anda perlu menyelesaikan hal-hal di antara Anda dalam situasi baru ini dan bersiaplah untuk kemungkinan konflik dan kesalahpahaman, Anda tidak menyukai tubuh Anda yang sakit dan berubah, dan Anda menyalahkan diri sendiri karena merasa gugup mendengar bayi Anda menangis.

Hati-hati! Suasana hati Anda setelah melahirkan adalah masalah serius. Meskipun baby blues yang dialami oleh 50-70% wanita setelah melahirkan adalah hal yang normal, namun depresi pascapersalinan ketika masa nifas membutuhkan bantuan profesional.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*