Ini 5 Layanan Medis Unggulan di RS Juliana Bogor

  • July 26, 2021

RS Juliana adalah Rumah Sakit Swasta yang diresmikan pada bulan Juli 2016. Rumah Sakit Juliana ini memberikan pelayanan kesehatan dengan layanan unggulan berupa pelayanan kesehatan anak dan ibu.

RS Juliana terletak di kawasan Kota Bogor yaitu Jalan Raya Tajur No.75 Bogor Timur. Lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau membuat RS Juliana menjadi salah satu Rumah Sakit yang nyaman dan juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Dilengkapi Fasilitas IGD (instalasi Gawat Darurat) dengan dokter yang bersertifikasi menjadi nilai plus RS Juliana. Selain IGD ada juga fasilitas Rawat Inap seperti ICU,NICU,VK/Kamar Bersalin, OK/Ruang Operasi,Ruang Isolasi,Ruang Observasi,Ruang Bayi Sakit/Perinatologi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini sejumlah layanan medis unggulan di RS Juliana Bogor: 

1. Electrocardiography (EKG)

Pemeriksaan ektrokardiogram (EKG) adalah pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik (listrik)  jantung. Elektrokardiogram adalah rekaman aktivitas elektrik jantung sebagai grafik jejak garis pada kertas grafik. Bentuk jejak garis yang naik dan turun tersebut dinamakan gelombang (wave). 

Proses perekaman aktivitas listrik jantung dalam bentuk grafik disebut elektrokardiografi. Pemeriksaan EKG merekam kerja jantung dalam bentuk grafik garis. Grafik ini akan dinilai oleh seorang dokter ahli. Dokter akan menilai apakah kerja jantung pasien normal atau tidak normal.

Prosedur ini dilakukan untuk beberapa keperluan antara lain.

  • Memeriksa aktivitas elektrik jantung
  • Menemukan penyebab nyeri dada, yang dapat disebabkan serangan jantung, inflamasi kantung sekitar jantung (perikarditis), atau angina.
  • Menemukan penyebab gejala penyakit jantung, seperti sesak napas, pusing, pingsan, atau detak jantung lebih cepat atau tidak beraturan (palpitasi).
  • Mengetahui apakah dinding ruang-ruang jantung terlalu tebal (hypertrophied)
  • Memeriksa seberapa baik kerja suatu obat dan apakah obat tersebut memiliki efek samping terhadap jantung.
  • Memeriksa apakah suatu alat mekanis yang dicangkok  dalam jantung, misalnya pacemaker, bekerja dengan baik untuk mengendalikan denyut jantung.
  • Memeriksa kesehatan jantung pada penderita penyakit atau kondisi tertentu, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, atau  penyakit lainnya.

2. USG 

Sebagai rumah sakit ibu dan anak unggulan, RS Juliana dibekali layanan Ultrasonografi (USG) yang berkualitas. Teknik menampilkan gambar atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk mengambil gambar tubuh bagian dalam. Misalnya, organ tubuh atau jaringan lunak.

USG ini digunakan agar tim medis mendapatkan ketepatan dalam mendiagnosis penyakit. Dengan kata lain, USG merupakan pemeriksaan penunjang untuk membantu dokter mengidentifikasi penyebab penyakit pada seseorang.

Prosedur ini dilakukan dengan berbagai tujuan antara lain:

  • Memonitor denyut jantung pada janin, biasanya menggunakan teknologi Doppler.
  • Memperoleh visualisasi jaringan perut dan organ didalamnya.
  • Mengetahui adanya masalah di dalam prostat menggunakan USG transrektal.
  • Mendapatkan gambar yang jelas dari organ jantung.
  • Memantau struktur jaringan di sekitar ginjal.
  • Memperoleh gambar jaringan payudara.
  • Melihat visualisasi struktur mata dengan USG mata.
  • Memonitor perkembangan janin pada ibu hamil.
  • Mengambil sempel jaringan tubuh melalui teknik biopsi.
  • Memperoleh pencitraan dari rahim dan ovarium.

3. Cardiotomography (CTG)

Ibu hamil memerlukan Cardiotomography (CTG) untuk mengevaluasi apakah kondisi janin sehat sebelum dan selama persalinan.

CTG adalah alat yang digunakan untuk memantau aktivitas dan denyut jantung janin, serta kontraksi rahim saat bayi berada di dalam kandungan.  

Pemeriksaan CTG biasanya baru diperlukan jika ibu hamil mengalami kondisi yang dianggap dapat membahayakan persalinan atau janin, misalnya diabetes, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia. 

Pemeriksaan ini diperlukan untuk menentukan tindakan apa yang mungkin perlu dilakukan untuk membantu proses persalinan.

4. Hemodialisa

Hemodialisa atau hemodialisis merupakan terapi cuci darah di luar tubuh. Terapi ini umumnya dilakukan oleh pengidap masalah ginjal yang ginjalnya sudah tak berfungsi dengan optimal.

Hemodialisa ini umumnya dilakukan oleh mereka yang mengidap penyakit jantung kronis atau gagal ginjal. Pada pengidap gagal ginjal, hemodialisa ini dilakukan karena ginjal sudah tak bisa berfungsi dengan baik lagi. Dengan kata lain, bila penyakit ginjal sudah sangat parah, melewati titik ketika ginjal tak sanggup lagi bekerja dengan optimal, maka seseorang memerlukan hemodialisa.

5. Fisioterapi

Layanan unggulan terakhir di RS Juliana adalah fisioterapi. Tindakan ini merupakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit. 

Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari semua rentang usia dengan berbagai macam tujuan, mulai dari meredakan sakit punggung hingga persiapan olahraga dan persalinan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*