Cendo Floxa: Pengertian, Dosis, dan Efek Samping

  • August 4, 2021

Obat mata Cendo Floxa adalah obat tetes mata yang berkhasiat meredakan iritasi luar pada mata akibat serangan bakteri yang sensitif. Obat ini mengandung zat aktif ofloksasin yang merupakan golongan antibiotik, sehingga dapat juga digunakan untuk mengobati luka terbuka di kornea mata.

Kandungan ofloksasin bekerja dengan cara menghambat pembentukan DNA bakteri dan menggangu aktivitas enzim pada sel bakteri. Dengan demikian, bakteri akan berhenti tumbuh, lalu mati. Sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak selama masih dalam pengobatan dengan Cendo Floxa. 

Pada umumnya, Cendo Floxa digunakan untuk mengatasi infeksi luar pada mata yang disebabkan bakteri yang sensitif. Infeksi luar pada mata adalah penyakit yang terjadi ketika ada bakteri, jamur, parasit, atau virus yang menginfeksi mata. Infeksi dapat menyerang salah satu atau kedua mata.

Ada berbagai jenis infeksi mata yang dibedakan berdasarkan penyebab infeksi dan bagian mata yang terinfeksi. Salah satu contoh umum dari infeksi mata yang dikategorikan berdasarkan bagian mata yang terinfeksi yakni konjungtivitis, peradangan selaput lendir pada kelopak mata atau biasa dikenal sebagai mata merah. Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva atau selaput yang ada di dalam kelopak mata. Konjungtivitis akan memengaruhi bagian mata yang berwarna putih dan bagian dalam kelopak mata. 

Cendo Floxa diproduksi oleh Cendo dengan nomor registrasi BPOM DKL0203809246A1.

Bagaimana dosis penggunaan Cendo Floxa?

Penjelasan dosis penggunaan Cendo Floxa sebagai berikut:

  • Pada dosis awal, teteskan 1 hingga 2 tetes setiap 4-6 jam.
  • Dosis dapat ditingkatkan menjadi 1 hingga 2 tetes tiap 2 jam, selama 24-48 jam pertama.
  • Frekuensi harus diturunkan secara bertahap sesuai tanda penyembuhan yang terjadi.

Apa efek samping dari penggunaan Cendo Floxa?

Efek samping yang sering terjadi saat penggunaan Cendo Floxa adalah mata terasa gatal dan merah, mata menjadi kering dan nyeri, sensitif pada cahaya, serta bisa muncul sensasi terbakar.

Bagaimana cara aturan pakai obat tetes mata Cendo Floxa?

Aturan pakai dari obat tetes mata ini adalah:

  • Cuci tangan hingga bersih.
  • Buka penutup botol, pastikan penutup botol tidak terbuka dan cairan tidak berwarna keruh.
  • Condongkan kepala sedikit ke belakang dan tarik salah satu kelopak bawah mata yang akan ditetesi obat.
  • Dengan satu tangan lainnya, pegang dan arahkan botol sedekat mungkin ke arah kantung kelopak mata bawah tadi.
  • Kemudian, teteskan obat sesuai anjuran yang diberikan.
  • Setelah selesai, tutup mata selama 2 menit.
  • Bersihkan sisa obat yang menetes ke wajah.
  • Tutup kembali botol dengan erat dan cuci tangan hingga bersih.

Apakah semua golongan boleh menggunakan Cendo Floxa?

Boleh, hanya saja perlu perhatian khusus pada ibu hamil dan menyusui. Cendo Floxa tidak disarankan digunakan oleh penderita hipersensitif terhadap ofloksasin (obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit akibat infeksi bakteri, seperti infeksi paru-paru, infeksi menular seksual, infeksi telinga, infeksi mata, infeksi kulit, serta infeksi jaringan lunak).

Cendo Floxa juga dilakukan hanya untuk pemakaian luar, jangan digunakan dalam jangka waktu lama, serta hindari menggunakan lensa kontak selama menggunakan obat ini.

Kamu bisa mendapatkan obat tetes mata Cendo Floxa ini secara online. Obat tetes mata ini merupakan golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus disesuaikan dengan petunjuk dokter atau apoteker. Beli Cendo Floxa secara online di berbagai market place. Cendo Floxa Tetes Mata 5 ml bisa didapatkan dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp37.000.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*