rambut kering

Benarkah Mencatok Setiap Hari Sebabkan Rambut Kering?

  • November 25, 2021

Memiliki rambut kering akan membuat Anda tidak percaya diri karena membuat penampilan menjadi lebih kusam. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kebiasaan mencatok rambut. Pelurusan rambut, baik dilakukan di rumah dengan alat pelurus rambut atau melalui perawatan kimia di salon, memiliki sejumlah efek samping yang dapat menimbulkan bencana bagi rambut Anda. Tidak hanya membuat rambut kering melainkan juga beberapa masalah berikut ini.

1. Rambut kering 

Pernahkah Anda memperhatikan asap yang mengepul dari rambut saat Anda sedang meluruskannya? Yah, itu bukan asap; itu sebenarnya uap. Catokan memiliki cara kerja dengan menyerap semua kelembapan yang berasal dari rambut Anda untuk meluruskannya secara maksimal. Maka tidak heran jika rambut Anda kembali ke dalam keadaan semula setelah mencucinya.

Menurut Dr. K. Harish Kumar, MD, DVL, menggunakan catokan panas dan perawatan kimia secara teratur dalam waktu lama dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuat rambut kering serta rapuh.

2. Keriting

Apakah Anda berpikir meluruskan rambut setiap hari adalah cara terbaik untuk menghilangkan semua keriting pada rambut Anda? Sayangnya, catokan dalam hal ini, bisa menyebabkan kekeringan pada rambut yang disebabkan karena terlalu sering meluruskan rambut dan membuat Anda memiliki lebih banyak rambut yang keriting dan susah diatur.

3. Kerusakan pada rambut

Sekarang Anda tahu bahwa catokan rambut hanya bersifat sementara, sementara proses pelurusan rambut yang dilakukan secara permanen dapat menyebabkan rambut kering yang berlebihan. Proses ini dapat melemahkan struktur helai rambut Anda. Dengan demikian, setiap helai rambut menjadi lebih rentan patah tepat dari bagian tengah.

4. Patah dan bercabang

Rambut yang bercabang bisa menyebabkan karena rambut Anda mulai melemah dan patah. Selain menjadi indikasi yang jelas dari keadaan yang menandakan bahwa rambut Anda mulai merapuh, catokan juga membuat rambut Anda terlihat tidak sedap dipandang.

5. Semakin kusut dan sulit diatur

Minyak alami dari kulit kepala bertugas untuk menjaga kelembapan di rambut serta mempertahankan kilau indah yang merupakan tanda utama rambut sehat. Saat Anda mengambil semuanya tersebut menggunakan catokan secara rutin, maka dua komponen ini akan hilang dan yang tersisa hanyalah rambut kusam dan tak bernyawa.

6. Rambut rontok

Menggunakan air yang memiliki temperatur panas setiap hari tidak hanya merusak rambut Anda tetapi juga mampu menghilangkan folikel rambut. Bahan kimia yang digunakan dalam treatment pelurusan rambut permanen seperti smoothing dapat menyebakan kerusakan yang permanen pada akar rambut Anda. Kondisi inilah yang akhirnya akan membuat rambut Anda mengalami kerontokan secara parah.

7. Tekstur rambut berubah secara permanen

Bahan kimia pada pelurusan rambut permanen bisa membuat tekstur rambut Anda berubah secara permanen. Tidak ada obat perawatan rambut dan masker rambut yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali helai rambut yang sehat secara alami. Satu-satunya pilihan Anda saat ini adalah menumbuhkan rambut alami Anda sepenuhnya.

8. Pertumbuhan rambut lebih lambat

Meluruskan rambut secara teratur tanpa menggunakan pelindung panas yang tepat dapat merusak kutikula rambut Anda secara permanen, yang menyebabkan pertumbuhan rambut lebih lambat.

9. Kulit kepala gatal

Kematian folikel rambut juga menyebabkan produksi minyak alami yang membuat kulit kepala Anda tetap lembap. Sayangnya, hal ini dapat menyebabkan rambut kering, pengelupasan, dan gatal pada kulit kepala Anda yang bahkan dapat menyebar ke dahi dan leher Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*