3 Kandungan Utama Feroglobin Sebagai Penyempurna Asupan Nutrisi

  • October 15, 2021

Feroglobin ialah suplemen tambahan untuk dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Dapat digunakan untuk membantu anak selama masa pertumbuhannya. Selain itu, Feroglobin juga dapat dikonsumsi dalam masa proses pernyembuhan tubuh pasca mengalami sakit. 

Feroglobin memiliki 3 varian jenis bentuk seperti, sirup, kapsul, dan drops. Jenis Feroglobin kapsul biasa untuk konsumsi remaja dan orang dewasa, Feroglobin sirup dapat dikonsumsi dewasa maupun anak-anak dengan rentang usia dari 3-12 tahun dengan dosis yang berbeda. Feroglobin jenis drops untuk bayi berusia 0-3 tahun. 

Dikarenakan suplemen ini sangatlah aman bagi tubuh dan tidak memiliki adanya efek samping serius yang dapat ditimbulkan. Feroglobin juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu yang dalam masa pemulihan nifas. Salah satu kemungkinan efek samping ringan yang sangat jarang terjadi ialah feses dapat menjadi berwarna lebih gelap, serta gangguan pencernaan ringan bagi orang yang tidak cocok mengonsumsi suplemen ini. Meski begitu, hal tersebut sangatlah jarang terjadi.

Nah, penggunaannya yang dikenal aman ini lah, dikarenakan memiliki beberapa kandungan di dalamnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apa saja sih, yuk bahas dibawah ini. Di dalam sendok takaran per 5 ml Feroglobin sirup memiliki kandungan :

  1. Mengandung Fe (Zat Besi)

Zat besi dikenal menjadi kebutuhan nutrisi utama tubuh. Berfungsi sebagai pembantu terjadinya proses peredaran darah. Zat besi sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia (kekurangan sel darah merah). Adanya zat besi membantu untuk pembentukkan hemoglobin (Hb) sebagai media yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh manusia. Zat besi ini menjadi sangat penting karena setiap saatnya sel darah merah akan hancur pada waktunya, bisa melalui luka dalam maupun luka luar. Jika seseorang kekurangan zat besi hingga hemoglobinnya menurun, ini yang menyebabkan terjadinya defisiensi zat besi atau anemia. Dengan mengonsumsi suplemen tambahan Feroglobin, bisa menjaga tubuh dari terjadinya anemia, dan menjadi membentuk antianemia bagi tubuh.

  1. Kandungan Seng (Zn)

Zinc atau Seng memiliki tugas sebagai pembantu untuk merangsang berbagai enzim-enzim berbeda yang ada di tubuh manusia. Seseorang dengan asupan zinc yang kurang, akan lebih rentan terhadap penyakit. Bahkan menjadi salah satu penyebab ratusan ribu kematian anak di seluruh dunia setiap tahunnya. Berfungsi sebagai pengatur kekebalan tubuh manusia, meredakan diare, membantu penyembuhan luka, dapat membantu mempersingkat penyakit pilek, berpengaruh dalam pembentukan ingatan, hingga dapat mencegah pneumonia, dan masih banyak lainnya.

  1. Berbagai Vitamin B (B12, B1, B2, B6, dan B3)

Terdapat berbagai kandungan keluarga Vitamin B kompleks dalam Feroglobin sirup. 

  • Vitamin B12 (cobalamin) dibutuhkan untuk kesehatan fungsi otak, jaringan syaraf, membantu memproduksi sel darah merah, membuat dan juga mengatur DNA manusia. 
  • Vitamin B1 atau tiamin sebagai kandungan penting dalam metabolisme glukosa, dan menjadi kunci dari syaraf, otot, dan jantung. Membantu mencegah adanya komplikasi di sistem syaraf, otot, otak, jantung, usus, dan perut. 
  • Vitamin B2 (riboflavin) berfungsi membantu memecah lemak, protein, dan juga karbohidrat untuk dijadikan energi yang dapat digunakan oleh tubuh nantinya. 
  • Vitamin B6 dibutuhkan oleh sistem syaraf pusat manusia. Memproduksi serotonin dan norepinefrin, dan juga pembentuk mielin. Ini merupakan sistem syaraf yang mengatur maupun mempengaruhi sikap, perilaku, maupun emosi dari seseorang.
  • Vitamin B3 (niacin) berfungsi sebagai pengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Setelah lemak, protein, dan karbohidrat di pecah oleh Vitamin B2, kemudian Vitamin B3 mengatur untuk mengubahnya menjadi energi untuk digunakan manusia melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, Vitamin B3 dapat membantu menurunkan kolesterol, anti-inflamasi, dan antioksidan dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, masih banyak kandungan lainnya yang terdapat dalam Feroglobin, seperti copper, manganese, folic acid, pantothenic acid, Ca glycerophosphate, dan lysine monohydrochloride.

Meski Feroglobin ini memiliki kandungan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, perlu diperhatikan tidak semua orang memerlukan tambahan suplemen berbasis zat besi. Feroglobin ini memiliki pengecualian untuk dikonsumsi di sebagian kondisi orang, seperti bagi penderita talasemia (penyakit kelainan darah). Tidak disarankan mengonsumsi suplemen ini untuk penderita talasemia, dikarenakan kemungkinannya dapat terjadi adanya penumpukan zat besi di dalam tubuh. 

Selain itu, untuk konsumsi Feroglobin agar semakin maksimal, penggunaan Feroglobin yang kaya akan zat besi tidak dapat dikonsumsi secara bersamaan dengan suplemen lain yang mengandung natrium, karena dapat menyebabkan adanya absorpsi (penyerapan zat) pada produk yang mengandung zat besi.

Nah, pentingnya kebutuhan nutrisi harian tubuh dapat dibantu dengan tambahan konsumsi suplemen. Yuk, mencegah dan mulai menjaga kesehatan tubuh.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*